Download File :
Beasiswa IPMG untuk Tahun 2013
Download File :
IPMG beersama Yayasan Kusuma Buana Tingkatkan Kesadaran Masyarakat tentang Kanker Serviks
Produsen obat internasional  berbasis riset tidak hanya mementingkan keuntungan bisnis ketika berinvestasi di negara asing. Mereka juga menolong masyarakat di tempat mana mereka beroperasi melalui program Tanggung jawab Sosial Perusahaan (CSR) yang terintegrasi dengan strategi dan kegiatan operasional mereka.

Perusahaan farmasi internasional berbasis riset anggota IPMG melaksanaan kegiatan berbagai CSR baik secara sendiri atau bersama asosiasi. Asosiasi perusahaan farmasi international IFPMA tempat IPMG bernaung juga mempunyai serangkaian kegiatan CSR.
IPMG
Beasiswa IPMG 2012 bagi Mahasiswa Program Apoteker SF-ITB
IPMG kembali memberikan beasiswa bagi mahasiswa program pendidikan profesi apoteker di Sekolah Farmasi Institut Teknologi Bandung (SF-ITB). Penerima beasiswa IPMG untuk tahun akademik 2012/2013 adalah Mae Lutfiyah dan As Onima Caecilia.

Ketua IPMG Luthfi Mardiansyah mengatakan program beasiswa ini sejalan dengan misi IPMG berkontribusi positif sebagai mitra kerja pemerintah untuk peningkatan kualitas kesehatan masyarakat.

”Pemberian beasiswa IPMG juga merupakan salah satu realisasi komitmen IPMG terhadap kemajuan farmasi Indonesia, dalam hal ini penguatan kemampuan dan kinerja para profesional bidang farmasi,” jelas Lutfhi.

Beasiswa IPMG yang diberikan sejak tahun 2007 ini diperuntukkan bagi mahasiswa program profesi apoteker SF-ITB berprestasi yang layak mendapat dukungan finansial untuk menyelesaikan program pendidikan satu tahun tersebut. Para penerima beasiswa dipilih melalui serangkaian seleksi dan wawancara.*
Program Penguatan Posyandu IPMG Berlanjut

IPMG tahun ini kembali menyelenggarakan program Penguatan Posyandu yang merupakan kegiatan tanggung jawab sosial untuk mengoptimalkan layanan kesehatan oleh Posyandu dan meningkatkan kapasitas kader Posyandu dalam rangka mencegah dan mengatasi masalah malnutrisi pada anak dan balita.

Bermitra dengan Yayasan Solidaritas Masyarakat Anak (SEMAK), program Penguatan Posyandu kali ini memilih tiga desa -Desa Singajaya, Desa Tanjungjaya dan Desa Mekarmukti- di Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, sebagai wilayah kerja di tahun 2012.

”Penguatan layanan Posyandu dan kapasitas para kadernya sangat penting dilakukan mengingat Posyandu merupakan instrumen paling dasar dalam penyediaan layanan kesehatan bagi masyarakat, termasuk untuk penanggulangan malnutrisi pada bayi dan balita,” jelas Direktur Eksekutif IPMG, Parulian Simanjuntak.

Selama setahun kedepan, program ini akan secara rutin memberikan pelatihan kepada kader Posyandu di ketiga desa tersebut serta melakukan penyuluhan tentang perilaku sehat, pola pemberian makan yang benar dan  pola pengasuhan anak usia dini kepada ibu-ibu hamil dan yang memiliki bayi atau balita di sana.

”Sesuai dengan pendekatan pemberdayaan yang menjadi basis program ini, seluruh kegiatan akan mendorong partisipasi aktif kader Posyandu, para ibu serta pemanggku kepentingan terkait di lokasi sejak proses indetifikasi masalah dan penyusunan rencana aksi masyarakat hingga pelaksanaan dan evaluasi kegiatan,” kata Parulian.

Pelaksanaan program di Desa Singajaya, Desa Tanjungjaya dan Desa Mekarmukti diharapkan dapat memperbaiki kualitas layanan posyandu-posyandu setempat, yang kebanyakan belum mampu melaksanakan program dan layanan kesehatan secara rutin akibat keterbatasan jumlah dan kapasitas kader dan kurang dukungan dari pemangku kepentingan sektor kesehatan lokal.

Program Penguatan Posyandu ini juga diharapkan bisa meningkatkan kesadaran dan pengetahuan para ibu, utamanya dari keluarga kurang mampu dengan anak dan balita dengan tingkat kesehatan di bawah garis merah (BGM), akan pentingnya pola hidup dan makan yang sehat  serta pola pengasuhan anak usia dini  bagi kesehatan dan masa depan anak. Hasil identifikasi masalah di kedua desa menunjukkan masih berlakunya persepsi yang salah mengenai imunisasi bagi bayi dan balita serta kurangnya kepedulian terhadap keberadaan dan layanan kesehatan Posyandu.

Pada pelaksanaannya di dua desa berbeda (Desa Campaka Mekar dan Desa Togapapu) tahun 2011, program ini telah membantu mengoptimalkan layanan Posyandu melalui peningkatan jumlah kader aktif Posyandu serta pengembangan pengetahuan dan kemampuan mereka. Peningkatan layanan Posyandu, penyuluhan kepada para ibu, serta contoh nyata pola asuh anak sehat  yang mereka dapat dari sejumlah keluarga yang dipilih sebagai panutan dalam program, mendorong masyarakat setempat untuk lebih memanfaatkan keberadaan Posyandu. 

Sejak didirikan tahun 2002, IPMG telah melaksanakan berbagai program CSR di sektor yang sesuai dengan bidang usaha dan kompetensi ke-24 anggotanya, yaitu kesehatan. Program-program yang pernah dilakukan IPMG antara lain program penanggulangan anemia di Jakarta, Jawa Barat dan Kepulauan Seribu dan bantuan kepada korban bencana alam di Yogyakarta dan Padang beberapa waktu lalu. IPMG juga secara rutin  memberikan beasiswa kepada sejumlah mahasiswa sekolah farmasi ITB.*

IPMG Tuntaskan Program Penguatan Posyandu
Beasiswa IPMG 2011 bagi Mahasiswa Program Apoteker SF-ITB
Anggota Perusahaan
Astellas bantu pendirian Pos Kesehatan Desa di Desa Pontang Legon

Astellas Pharma Inc melalui LSM People's HOPE-Japan membantu pendirian Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) beserta peralatan medisnya di desa Pontang Legon, Serang, provinsi Banten.

Sebelumnya, melahirkan di rumah dibantu oleh dukun bayi yang tidak menetap tanpa fasilitas kesehatan yang memadai adalah hal umum di desa Pontang Legon. Kesulitan dalam proses melahirkan sering timbul, sehingga angka kematian bayi menjadi tinggi.

Poskesdes yang diresmikan pada 11 Maret 2010 ini menyediakan pelayanan kebidanan dan kesehatan selama 24 jam, termasuk pemeriksaan ibu hamil, melahirkan, dan pengawasan kesehatan paska melahirkan.

Pendirian Poskesdes ini diharapkan dapat berkontribusi terhadap pencapaian Millenium Development Goal dari PBB, yakni dalam hal menurunkan angka kematian bayi baru lahir dan meningkatkan kesehatan ibu hamil.

 
Peresmian Pos Kesehatan Desa bantuan Astellas di Desa Pontang Legon pada 11 Maret 2010 disaksikan oleh (kiri ke kanan) dr Bahrum Rangkuti (Kepala Puskesmas Tirtayasa Kabupaten Serang), Budiwan Sumarsono (Managing Director PT Astellas Pharma Indonesia), Fujio Kitamura (Corporate Executive Vice President General Affairs Astellas Pharma Inc), dan Shingo Iwamoto (President Director PT Astellas Pharma Indonesia).
Index | CSR
» 2012
» 2010
September 2017
SuMTuWThFSa
12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

Copyright © 2013 International Pharmaceutical Manufacturers Group