Sekapur Sirih - Agustus 2012
Program Penguatan Posyandu IPMG Berlanjut

IPMG tahun ini kembali menyelenggarakan program Penguatan Posyandu yang merupakan kegiatan tanggung jawab sosial untuk mengoptimalkan layanan kesehatan oleh Posyandu dan meningkatkan kapasitas kader Posyandu dalam rangka mencegah dan mengatasi masalah malnutrisi pada anak dan balita.

Bermitra dengan Yayasan Solidaritas Masyarakat Anak (SEMAK), program Penguatan Posyandu kali ini memilih tiga desa -Desa Singajaya, Desa Tanjungjaya dan Desa Mekarmukti- di Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, sebagai wilayah kerja.

”Penguatan layanan Posyandu dan kapasitas para kadernya sangat penting dilakukan mengingat Posyandu merupakan instrumen paling dasar dalam penyediaan layanan kesehatan bagi masyarakat, termasuk untuk penanggulangan malnutrisi pada bayi dan balita,” jelas Direktur Eksekutif IPMG, Parulian Simanjuntak.

Selama setahun kedepan, program ini akan secara rutin memberikan pelatihan kepada kader Posyandu di ketiga desa tersebut serta melakukan penyuluhan tentang perilaku sehat, pola pemberian makan yang benar dan  pola pengasuhan anak usia dini kepada ibu-ibu hamil dan yang memiliki bayi atau balita di sana.

”Sesuai dengan pendekatan pemberdayaan yang menjadi basis program ini, seluruh kegiatan akan mendorong partisipasi aktif kader Posyandu, para ibu serta pemanggku kepentingan terkait di lokasi sejak proses indetifikasi masalah dan penyusunan rencana aksi masyarakat hingga pelaksanaan dan evaluasi kegiatan,” kata Parulian.

Pelaksanaan program di Desa Singajaya, Desa Tanjungjaya dan Desa Mekarmukti diharapkan dapat memperbaiki kualitas layanan posyandu-posyandu setempat, yang kebanyakan belum mampu melaksanakan program dan layanan kesehatan secara rutin akibat keterbatasan jumlah dan kapasitas kader dan kurang dukungan dari pemangku kepentingan sektor kesehatan lokal.

Program Penguatan Posyandu ini juga diharapkan bisa meningkatkan kesadaran dan pengetahuan para ibu, utamanya dari keluarga kurang mampu dengan anak dan balita dengan tingkat kesehatan di bawah garis merah (BGM), akan pentingnya pola hidup dan makan yang sehat  serta pola pengasuhan anak usia dini  bagi kesehatan dan masa depan anak. Hasil identifikasi masalah di kedua desa menunjukkan masih berlakunya persepsi yang salah mengenai imunisasi bagi bayi dan balita serta kurangnya kepedulian terhadap keberadaan dan layanan kesehatan Posyandu.

Pada pelaksanaannya di dua desa berbeda (Desa Campaka Mekar dan Desa Togapapu) tahun lalu, program ini telah membantu mengoptimalkan layanan Posyandu melalui peningkatan jumlah kader aktif Posyandu serta pengembangan pengetahuan dan kemampuan mereka. Peningkatan layanan Posyandu, penyuluhan kepada para ibu, serta contoh nyata pola asuh anak sehat  yang mereka dapat dari sejumlah keluarga yang dipilih sebagai panutan dalam program, mendorong masyarakat setempat untuk lebih memanfaatkan keberadaan Posyandu.  

Sejak didirikan tahun 2002, IPMG telah melaksanakan berbagai program CSR di sektor yang sesuai dengan bidang usaha dan kompetensi ke-24 anggotanya, yaitu kesehatan. Program-program yang pernah dilakukan IPMG antara lain program penanggulangan anemia di Jakarta, Jawa Barat dan Kepulauan Seribu dan bantuan kepada korban bencana alam di Yogyakarta dan Padang beberapa waktu lalu. IPMG juga secara rutin  memberikan beasiswa kepada sejumlah mahasiswa sekolah farmasi ITB.*

Tentang Kami
Sekapur Sirih
Tentang IPMG
Struktur Organisasi
Anggota IPMG
Index | Sekapur Sirih
» 2015
  » April
  » Juni
» 2014
  » Juni
  » Oktober
  » Desember
» 2013
  » Maret
  » Nopember
» 2012
  » Juli
  » Agustus
  » Oktober
» 2011
  » Mei
  » Juni
  » September
August 2012
SuMTuWThFSa
1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031

Copyright © 2013 International Pharmaceutical Manufacturers Group