Sekapur Sirih - Oktober 2012
IPMG Menyokong Sikap Kemenkes tentang Posisi Obat-obatan dalam RUU Halal

IPMG mendukung posisi Kementerian Kesehatan yang merekomendasikan agar obat-obatan dan vaksin dikeluarkan dari Rancangan Undang-Undang Jaminan Produk Halal (RUU Halal) yang sedang dibahas oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Posisi Kementerian Kesehatan tersebut diungkapkan saat lokakarya mengenai potensi dampak RUU Halal terhadap ketersediaan obat dan vaksin bagi kesehatan masyarakat di Jakarta (10/9).

”Kami sependapat dalam hal ini bahwa memasukkan obat-obatan ke dalam RUU Halal dapat menimbulkan kebingungan diantara masyarakat mengenai obat mana yang boleh atau tidak boleh digunakan untuk mengobati penyakit atau menyelamatkan nyawa seorang pasien,” jelas Direktur Eksekutif IPMG Parulian Simanjuntak.
Kebingungan dan ketidakjelasan dapat timbul karena definisi dan cakupan halal yang demikian luas dan jauh, kata Parulian.

”Memasukkan obat-obatan dalam RUU Halal juga akan menghambat para dokter, yang sebetulnya adalah pihak paling berkompeten memberikan obat yang tepat dan dibutuhkan pasien, di dalam menjalankan tugas dan kewajiban profesi mereka,” tambahnya.

Dalam lokakarya tersebut, perwakilan dari Badan Kesehatan Dunia (WHO), Dr. Lahouari Belgharbi, menjelaskan potensi dampak negatif dari dimasukkannya obat dan vaksin dalam aturan halal termasuk terganggunya akses masyarakat terhadap obat penting seperti vaksin dan meningkatnya tingkat morbiditas dan mortalitas di Indonesia akibat tidak diberikannya obat dan vaksin yang dibutuhkan dengan alasan tidak halal.

Dikemukakan pula bahwa Organisasi Konferensi Islam (OKI) dan organisasi Islam internasional lain seperti International Islamic Fiqh Academy telah sejak beberapa tahun lalu merekomendasikan untuk tidak mencampuraduk doktrin agama dengan masalah kesehatan.

IPMG berpendapat sebaiknya RUU Halal membuat pengecualian bagi produk farmasi, termasuk obat-obatan mutakhir dan yang bersifat ’life saving’,  demi menjamin pasokan obat-obatan penting dan berkhasiat secara berkelanjutan bagi kesehatan masyarakat dan pencapaian target MDGs di bidang kesehatan.-
Tentang Kami
Sekapur Sirih
Tentang IPMG
Struktur Organisasi
Anggota IPMG
Index | Sekapur Sirih
» 2015
  » April
  » Juni
» 2014
  » Juni
  » Oktober
  » Desember
» 2013
  » Maret
  » Nopember
» 2012
  » Juli
  » Agustus
  » Oktober
» 2011
  » Mei
  » Juni
  » September
October 2012
SuMTuWThFSa
123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031

Copyright © 2013 International Pharmaceutical Manufacturers Group