Sekapur Sirih Januari-Februari 2013
Kebingungan Dunia Farmasi Menghadapi SJSN
 
Kebijakan pemerintah mengenai Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) rencananya akan segera diterapkan pada tahun 2014, namun kalangan industri farmasi masih diliputi kebingungan mengenai banyak hal terkait pelaksanaan sistem baru tersebut.
 
Sampai saat ini pemerintah belum juga mengeluarkan pernyataan atau pedoman yang secara jelas mengatur berbagai hal terkait SJSN, kata Parulian Simanjuntak, Direktur Eksekutif International Pharmaceutical Manufacturers Group (IPMG).
 
"Banyak hal yang masih belum jelas aturan mainnya. Misalnya, apakah SJSN hanya akan mencakup obat generik atau non-branded saja? Jika ya, lantas bagaimana dengan prinsip bahwa pasien harus diobati sesuai dengan kondisi dan  kebutuhannya? Demikian juga dengan aturan main lainnya mengenai distribusi, pricing, dispensing hingga financing obat masih belum jelas," kata Parulian. 
Menurutnya, ketidakjelasan aturan main dalam SJSN membuat bingung tidak saja produsen obat, tetapi juga stakeholders sektor kesehatan lainnya seperti dokter, rumah sakit dan apotek. 
 
Rencana penerapan SJSN sejauh ini telah mendapat dukungan positif dari kalangan industri farmasi. 
 
"IPMG sangat mendukung penerapan SJSN. Sistem ini diharapkan akan membantu masyarakat mendapatkan pengobatan bermutu yang dibutuhkan sekaligus mendorong kompetisi yang sehat dan efisien diantara para pelaku industri dalam memproduksi obat-obatan."
 
Sayangnya, pemerintah terkesan lamban dalam merampungkan segala persiapan, termasuk pembuatan sembilan Peraturan Presiden dan sepuluh Peraturan Pemerintah sebagaimana diamanatkan UU SJSN.
 
Pemerintah diharapkan segera mengeluarkan aturan-aturan yang menjelaskan berbagai hal teknis pelaksanaan SJSN agar stakeholders sektor kesehatan dapat menjalankan peran dan fungsi mereka dengan baik dalam mensukseskan penerapan SJSN, kata Parulian.-

Tentang Kami
Sekapur Sirih
Tentang IPMG
Struktur Organisasi
Anggota IPMG
Index | Sekapur Sirih
» 2015
  » April
  » Juni
» 2014
  » Juni
  » Oktober
  » Desember
» 2013
  » Maret
  » Nopember
» 2012
  » Juli
  » Agustus
  » Oktober
» 2011
  » Mei
  » Juni
  » September
March 2013
SuMTuWThFSa
12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31

Copyright © 2013 International Pharmaceutical Manufacturers Group